[Komplit] Kursus TOEFL di Batam

Buat sobat yang ada rencana untuk ikutan ujian TOEFL, sebaiknya memang harus memiliki persiapan sebelum test yang sesungguhnya dimulai. Secara biaya ujian TOEFL iBT ini tidak murah, sekitar $190 atau 1,9 juta rupiah. Jadi kalau gak serius, uangnya sayang juga terbuang, begitu juga energi dan waktu.

Saran saya kalau anda belum familiar sama format ujian test TOEFL lebih baik ikutan preparation class aja deh, cari tempat kursus yang baik, dan punya reputasi terus belajar disana. Kelebihan ikutan les TOEFL adalah kita bisa belajar dari ahlinya, sehingga mempercepat proses pembelajaran kita. Terlebih biasanya para lembaga bahasa inggris yang ada saat ini sudah punya guru yang berpengalaman dalam soal-soal TOEFL sehingga mereka biasanya punya trik menghadapai soal TOEFL yang ada ditiap sesi. Malah ada juga tempat les yang punya guru native speaker alias bule.
Kalau teman lebih memilih belajar sendiri/otodidak juga ga masalah. Tinggal beli buku TOEL beserta CD nya lalu, latihan berulang-ulang. Intinya asal serius dan tekun.

Oh ya, TOEFL ITP berbeda dengan yang TOEFL iBT. TOEFL iBT jauh lebih diakui oleh universitas/lembaga internasional karena pusat soalnya datang dari ETS, dan ujiannnya menggunakan sistem online/internet. Skor ujiannya adalah 0-120. Dan tentunya harga ujiannya jauh lebih mahal ketimbang TOEFL ITP (sekitar 500ribu-an)


Oke sebagai pertimbangan, ini ada beberapa tempat kursus TOEFL di Batam:


English First

  • Komp. Sulaiman Juyanah Plaza Blok A-1 No. 1 Jl. Sultan Abdurachman, Nagoya, Batam 29432

Step Ahead

  • Pusat:RUKO KDA Junction Blok B No 02, Batam Centre
  • Cabang: Jalan Sumatra Bo 28 A, Bengkong Palapa Batam

Easy Speak

  • Gedung Graha Pena Batam Post LT. V, Suite 505, JL. Raya Batam Center, Teluk Tering Nongsa, Batam

Tanggal resmi ujian TOEFL iBT di Batam:

Sat, Aug 22, 2015
Sat, Oct 24, 2015
Sat, Nov 14, 2015
Sat, Nov 28, 2015

Tempat Ujian TOEFL di Batam (Terus berubah, akan diupdate):

Universitas International Batam Jl. Gajah Mada, Baloi Sei Ladi Batam – Kepulauan Riau

Tips persiapan ujian TOEFL (wajib tonton):

Selanjutnya: