[Komplit] Kursus TOEFL di Medan

TOEFL itu apa sih?

Test of English as a Foreign Language. Tujuannya untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kita, bagi orang yang bahasa aslinya bukan inggris.
TOEFL biasanya lebih ke arah American English dan Kanada. Jadi sedikit berbeda dengan tes IELTS (biasanya dipakai oleh universitas UK, Australia). Kalau anda mau kuliah di USA, Canada mungkin TOEFL lebih relevan.

Persiapan terbaik untuk ujian TOEFL bagaimana?

Kalau anda masih baru, sebaiknya ikut les atau bimbingan dari lembaga/institusi bahasa inggris yang punya reputasi bagus. Karena mereka biasanya punya tenaga pengajar yang native speaker (bule) jadi bisa seperti latihan privat langsung dari ahlinya he..he.., dan juga format kurikulumnya lebih terstruktur. Sehingga belajarnya enak dan juga efektif.

Kunci selanjutnya adalah latihan. Beli buku TOEFL juga boleh, dengarin CD nya juga. Pelajari hal basic seperti grammar, struktur kata, dsb.
Jangan segan bertanya kepada guru les anda kalau masih ada yang kurang jelas. Kalau anda lemah dalam listening misalnya; maka latihanlah dengan dengar2 lagu, nonton youtube inggris, dll.

Oh ya TOEFL punya 3 sesi ujian: Listening comprehension, Structure and Written expression, Reading comprehension. Nanti kalau anda ikut les, pasti gurunya ngajarin trik jitu menjawab pertanyaan tiap sesi.

Berikut adalah beberapa tempat kursus TOEFL yang ada di area Medan dan sekitarnya:

LIA

JL.Wolter Mongonsidi No.17 B Medan

CASE

The Crown Estate 6-7
Jl. Letjend. S. Parman, Medan

English First

Jl Hang Kesturi no 13, Medan Polonia

The British Institute

Komplek Multatuli Indah Blok CC No. 53-54, Medan

Australia Centre (silakan re-check, saat ini mereka masih hanya fokus pada IELTS)

Jl. R.A.Kartini No.32, Medan

Ujian TOEFL di Medan bisa di: (dan biaya ujian biasanya sekitar $190 USD atau 1,9 jt Rupiah. Harga bisa berubah dari waktu-kewaktu.)
1. The British Institute (Komp. Multatuli Indah Blok CC no. 53-54 MEDAN)
2. RAZ Course (Jl. Setia Budi No. 187 B Jl. Setia Budi No. 191 MEDAN)
3. PT. Worldstar Education Center (Jl. Haji Adam Malik 76-88 MEDAN)

atau tanya lembaga kursus anda dimana tempat ujiannya:)

Perlu diingat, skor Toefl iBT: 1-120 sedangkan TOEFL ITP antara 310-677.

Tanggal & Jadwal resmi ujian TOEFL iBT di Medan:

  • Sat., Aug 22, 2015
  • Sun., Aug 30, 2015
  • Sat., Sep 05, 2015
  • Sat., Sep 12, 2015
  • Sun., Sep 13, 2015
  • Sat., Sep 19, 2015
  • Sun., Oct 11, 2015
  • Sat., Oct 24, 2015
  • Sun., Oct 25, 2015
  • Sat., Oct 31, 2015
  • Sun., Nov 08, 2015
  • Sat., Nov 14, 2015
  • Sun., Nov 15, 2015
  • Sat., Nov 21, 2015
  • Sat., Nov 28, 2015

Silakan pelajari tips penting untuk belajar TOEFL biar lulus:


Kalau ada komen, pertanyaan, silakan ditulis yaaa :)

BONUS: Strategi UMUM TOEFL
Rumpun Kata
  • Anda dapat menguraikan kata yang ditanyakan menjadi awalan, akar kata dan akhiran untuk mencari artinya. Atau barangkali anda mengenal kata yang terdengar mirip, yang mungkin berasal dari rumpun kata yang sama sehingga anda dapat menebak artinya dan bahkan mungkin mengetahui artinya.
  • Kata intractable dapat diuraikan menjadi awalan in, akar kata tract dan akhiran -able, mungkin anda tidak mengetahui arti akar kata tract. Untuk menebak artinya, anda dapat mengingat kata yang berasal dari rumpun kata yang sama dengan kata tersebut. Sebagai contoh kata tractor, traction, subtraction. Tractor merupakan sesuatu yang mendorong sesuatu lainnya. Kata ini berasal dari kata lain tractare yang berarti mendorong atau mengatur. Kita dapat menebak bahwa intractable merupakan kata sifat yang berarti sesuatu atau seseorang yang tidak dapat didorang atau diatur.
Contoh soal:
Of course, it wasn't always easy for him. He has often said how nervous he has been while performing, even after all these years. Apparently, it was a very big problem for him at the very beginning of this career. However, all the members of the company gave the tenderfoot encouragement in his first role.

The word 'tenderfoot' in line 9 is closest in meaning to which of the following?
A. Understudy
B. Novice
C. Director
D. Cook

Jawaban: B. Penjelasan: Barangkali anda tidak pernah mendengar kata, tenderfoot, tetapi anda mungkin mengenal kata, tender dan foot. Tender berarti lunak, sedang foot merupakan bagian tubuh manusia yang merupakan organ untuk berdiri. Anda dapat menduga bahwa tenderfoot, merupakan orang muda atau lemah, yang dapat berarti novice, orang baru, pemula. Jawaban ini dikonfirmasi oleh konteks bacaan, ketika pengarang membicarakan first role seseorang dan at the very beginning. Kedua frasa ini mengimplikasikan bahwa orang tersebut merupakan pemula, novice.

Selanjutnya: