[Komplit] Kursus TOEFL di Pekanbaru

Buat teman yang sedang cari les TOEFL di daerah Pekanbaru, dibawah ini ada beberapa alamat yang bisa dikunjungi. Saya memang sangat menyarankan untuk mengikuti TOEFL preparation class untuk sobat yang mungkin belum pernah mengikuti ujian TOEFL sama sekali sebelumnya, alias masih baru. Karena proses belajarnya tentu lebih cepat, dan efektif. Banyak tuh sekarang lembaga kursus bahasa inggris yang bertebaran, jadi tinggal pilih aja. Malahan ada juga tempat kursus tertentu yang punya tenaga guru langsung bule (native speaker) jadi makan enak deh belajarnya, bisa sekalian listening :)

Keunggulan lainnya ikutan les adalah gurunya biasanya sudah paham betul dengan format ujian TOEFL, jadi mereka sudah punya tips dan trik tertentu untuk menjawab soal di tiap sesi.
Atau kalau mau belajar sendiri/otodidak juga tidak masalah. Teman bisa beli buku TOEFL yang ada CD latihannya juga. Jadi tinggal belajar sendiri, cocokkan dengan kunci jawaban, lalu latihan berulang-ulang.

Sekadar mengingatkan,
TOEFL ITP (biasa disebut PBT) berbeda dengan yang TOEFL iBT. Yang iBT itu lebih diterima secara internasional oleh banyak lembaga/universitas. Yang ITP biasanya untuk institut tertentu saja.
Skor TOEFL ITP adalah antara 310-677, sedangkan TOEFL iBT 0-120. Biaya ujiannya juga lebih mahal yang TOEFL iBT ($190 atau 1,9 jt rupiah) dan yang ITP (harganya cuma disekitar 500ribu-an). Soal test TOEFL iBT datang langsung dari pusat (ETS) dan diujikan dengan sistem internet/online.
Jadi saat memilih tes jenis mana yang dipilih, silakan tanya dulu lembaga/universitas yang anda akan masuki.

Ini beberapa daftar tempat kursus TOEFL di Pekanbaru:


LTI PEKANBARU

  • JL. A. YANI 132 B

English First

  • Jl. A.Yani no.85 B-C, Pekanbaru

LIA

  • Jl. A.Yani 149, Pekanbaru

Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) MEC

  • JL. Soekarno Hatta, No. 20B, Pekanbaru

Easy Speak

  • JL. A. Yani, NO 187, Tanah Datar, Pekanbaru

Tanggal resmi ujian TOEFL iBT di Pekanbaru:

Sun, Aug 30, 2015
Sat, Sep 19, 2015
Sun, Oct 11, 2015
Sun, Oct 25, 2015
Sat, Oct 31, 2015
Sun, Nov 08, 2015
Sun, Nov 15, 2015
Sat, Nov 28, 2015

Tanggal resmi test TOEFL ITP di Pekanbaru:

15, 22 & 29 Agustus
12 & 26 September
10 & 31 Oktober
14 & 28 November
12 & 31 Desember


Tempat Ujian TOEFL di Pekanbaru (akan diupdate, bisa saja berubah)


UNIVERSITAS RIAU
Unit Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UP2B) Universitas Riau
Laboratorium Bahasa, Kampus Bina Widya, Simpang Panam, Pekanbaru, Riau 28293


LANGUAGE TRAINING INSTITUTION (LTI)
Jl. Jend. A. Yani No. 132B, Pekanbaru

Tips untuk lulus TOEFL (wajib tonton):



BONUS: Strategi Umum: Soal perhitungan dalam TOEFL

  • Ketika mendengarkan ceramah atau percakapan, terkadang anda harus berpikir matematis seperti pengurangan, perkalian, pembagian dan sebagainya. Karena anda tidak diperbolehkan menulis apapun, maka anda harus berlatih untuk melakukan operasi matematika dalam kepala atau ingatan.
  • Pertanyaan yang diajukan sekitar jumlah orang, jumlah benda, jumlah jarak yang ditempuh dalam perjalanan, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sesuatu, sampai jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli barang atau jumlah uang yang dihabiskan ketika berbelanja.

Contoh soal:
John told us he knew the way but first he drove thirteen miles in one direction and then eight in another before finally looking at the map.
A. John drove the first thirty miles
B. After 38 miles, we were lost
C. John drove us thirty miles in the wrong direction
D. We drove 21 miles before John admitted being lost

Jawaban: D. Penjelasan: John mengatakan bahwa dia mengetahui jalan, kemudian dia menyetir. Anak kalimat ini mengimplikasikan bahwa us (kita) ikut dengannya maka kita akan mengatakan we drove, drove mempunyai dua arti yang pertama berarti driving the car (menyetir mobil), sedang yang kedua adalah being driven in the car (ikut di dalam mobil). Jarak yang ditempuh John dan kita, 13 dan 8 mil, yang berarti berjumlah 21 mil. Kita mendengar bahwa John finally looked at map (melihat peta) setelah berjalan 21 mil, sehingga kita dapat menduga bahwa hal ini merupakan pengakuan being lost (tersesat).

Selanjutnya: